Senin, 16 Mei 2011

Globalization :)

source of: Google
POSTING PERTAMA

Konsep:
  • pengertian globalisasi
  • Hakikat Globalisasi
  • Macam-macam Globalisasi dan trailer nya :)
Apa sih maksud dari globalisasi itu? Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas. Atau bisa kita simpulkan dengan adanya globalisasi dunia semakin sempit, mengecil bahkan sangat kecil #lebay gak sih?
Seperti yang kita ketahui, orang-orang dengan mudah berkomunikasi antar negara lewat telepon seluler dan juga internet. Perlu kita ingat kembali dimana masa-masa nenek-kakek, ibu-bapak kita dulu untuk dapat berkomunikasi antar daerah saja sangatlah susah. Dan mereka masih berkomunikasi dengan cara yang sangat sederhana lewat surat menyurat yang membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai pada alamat yang dituju. Tidak seperti sekarang yang dapat berkomunikasi langsung lewat telepon seluler atau internet yang hanya membutuhkan waktu sekejap mata saja.
Hakikat Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru atau hal-hal baru khususnya yang menyangkut informasai secara mendunia melalui media cetak dan elektronik.Globalisai terbentuk oleh adanya kemajuan teknologi di bidang komunikasi. .
Macam-macam globalisasi yang dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari di negara kita indonesia ini di antaranyaa..
  Globalisasi Informasi
         Kemajuan teknologi informasi melalui satelit, komputer, internet dan media massa memungkinkan berita dari belahan dunia dapat cepat sampai ke belahan dunia lain.   Mengecilnya ruang dan waktu telah mengakibatkan bahwa hampir tak ada kelompok orang atau bagian dunia yang hidup dalam isolasi .  Informasi ttg keadaan/situasi lain dapat menciptakan suatu pengetahuan umum yg jauh lebih luas dan aktual dari yang ada sebelumnya. Batas-batas teritorial suatu negara menjadi tidak relevan .Batas negara tidak lagi menjadi batas informasi karena saat ini seseorang bisa sangat cepat berinteraksi dengan orang lain yang bahkan ada di Negara yang berbeda hanya dalam hitungan detik, mau contoh? Banyak,  via facebook, twitter, chatting.Omegle. etcetra..

Globalisasi Ekonomi
     Dalam bidang ekonomi ada tuntutan dunia yang berupa perdagangan internasional tanpa hambatan batas-batas negara (eksport dan import).  Proteksi berupa bea masuk yg tinggi atau larangan masuknya barang dari luar negeri dianggap bertentangan dgn arus globalisasi. Akan tetapi di negera kita ini telah mengalami jajahan yang luar biasa dari china, sekarag kita bias melihat produk apa saja yang kita gunakan, berpeluang sangat besar memiliki label “Made in China” dan hebatnya lagi orang yang menggunakan barang china tersebut merasa bangga. Mau contoh? Banyak.. salah satunya hape-hape CHINA yang copas model2nya BB itu. hha

        Globalisasi Kebudayaan
       Perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal abad ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi .  Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membutuhkan penyesuaian tata nilai dan perilaku .  Pengembangan kebudayaan diharapkan dapat memberikan arah bagi perwujudan identitas nasional yg sesuai dgn nilai-nilai luhur budaya bangsa. 

 Grandis&Aflah

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa di komentar nya ya gan? :D

RIDHO AFLAH BEKTI. Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites